Rabu, 15 Desember 2010

Perekonomian Indonesia

1. Sebutkan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan dalam distribusi pendapatan dan tingkat kemiskinan di Indonesia??

2. Coba anda jelaskan antara kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif sehingga jelas perbedaannya??

3. Bagaimana konsep anda masing - masing untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di kota Kendari??

JAWAB

1. Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan dalam distribusi pendapatan dan tingkat kemiskinan di Indonesia adalah :
- Strategi pembangunan ekonomi yang dianut oleh pemerintah pada masa ORBA yang hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
- Pembangunan Ekonomi hanya dipusatkan di daerah Jawa dengan tujuan untuk menghasilkan Trickle Down Effect (efek menetes) yang ternyata gagal.
- Kondisi Geografi Indonesia sebagai Negara kepulauan sehingga masih banyak daerah daerah yang terisolir, tak tersentuh oleh pembangunan.
- Kurangnya infrastrukur dan alat transportasi yang memadai
- Adanya pergeseran-pergeseran Demografi
- Urbanisasi
- Perubahan pasar buruh
2. Kemiskinan Absolut adalah : apabila hasil pendapatan seseorang berada di bawah garis kemiskinan, tidak cukup untak memenuhi kebutuhan hidup minimum: pangan, sandang, kesehatan, papan, pendidikan
Kemiskin Relatif adalah : seseorang yang sebenarnya telah hidup di atas garis kemiskinan namun masih berada di bawah kemampuan masyarakat sekitarnya.
3. Menurut saya kensep yang diterapkan untuk mengurangi kemiskinan di kota Kendari adalah:
Konsep Ekonomi Kerakyatan: konsep Ekonomi kerakyatan adalah pembangunan yang berorientasi kerakyatan dan berbagai kebijaksanaan yang berpihak pada kepentingan rakyat yang dikembangkan sebagai upaya untuk lebih mengedepankan masyarakat. Dengan kata lain konsep ekonomi kerakyatan dilakukan sebagai sebuah strategi untuk membangun kesejahteraan dengan lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu strategi yang merangkum nilai nilai sosial. Konsep ini merupakan paradigma baru yang bersifat people centered, participatory, empowering, and sustainable. Pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan ekonomi dimaksudkan untuk
a. menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang,
b. memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh masyarakat,
c. melindungi yang lemah dalam menghadapi yang kuat. Ada tiga dasar yang melandasi konsep pembangunan yang berpusat pada rakyat yaitu:
- memusatkan pemikiran dan tindakan kebijaksanaan pemerintah pada penciptaan keadaan keadaan yang mendorong dan mendukung usaha usaha rakyat untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan mereka sendiri dan untuk memecahkan masalah-masalah mereka sendiri pada tingkat individual, keluarga, dan komunitas.
- mengembangkan struktur struktur dan proses proses organisasi yang berfungsi menurut kaidah kaidah sistem yang swa organisasi.
- mengembangkan sistem sistem produksi konsumsi yang diorganisasi secara teritorial yang berlandasan pada kaidah kaidah pemilikan dan pengendalian lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar